Sabtu, 05 Maret 2011

PUSAT KURMA TERLENGKAP DI INDONESIA

Bulan puasa identik dengan kurma. Di Surabaya, buah yang berasal dari negara padang pasir ini bisa dijumpai di berbagai sudut kota. Salah satu toko grosir terbesar yang menjual kurma di Surabaya berada di kawasan Ampel. Namanya toko Lawang Agung. Berdiri sejak tahun 1950-an, toko ini diakui menyediakan kurma berkualitas, terlengkap, dan terbesar di Surabaya.

DALAM jalan-jalan Ramadan tahun ini, tabloid LeZAT edisi 116 sempat mampir ke Toko Lawang Agung dan berbincang dengan pemiliknya, Yasir Salim. Menurut paparannya ia menjual lebih dari 20 jenis buah kurma. Istimewanya lagi, kurma-kurmanya langsung didatangkan dari Arab, Mekkah, Madinah, Mesir, Aljazair hingga Amerika. Yasir merasa beruntung karena banyak kerabatnya yang tinggal di negara Timur Tengah sehingga membantunya untuk mendatangkan kurma-kurma tersebut. Tentunya kurma-kurma yang didatangkan dari berbagai negara itu jenisnya berbeda-beda.
Berdasarkan tingkat kematangan ada dua jenis kurma yang umumnya dijual di pasaran yaitu jenis tamr yaitu kurma yang benar-benar masak pohon dan jenis kurma ruthob. Kurma ruthob merupakan jenis kurma yang dipetik sebelum buah tersebut matang. Kurma setengah matang ini memiliki rasa yang lezat, daging buahnya empuk, manis dan lembut. Karena ada jenis kurma yang tidak bisa bertahan lama, maka Yasir mendatangkan kurma-kurma tersebut menggunakan dua jasa angkutan laut dan udara. “Khusus kurma ruthob harus naik pesawat, karena dibiarkan sehari saja mudah rusak dan busuk. Lain halnya dengan jenis kurma lainnya, tahan satu hingga dua tahun”, jelas Yasir.
Di toko Lawang Agung, aneka jenis kurma ditawarkan dengan harga yang beragam begitu juga dengan macamnya. Dari Madinah begitu banyak jenisnya. Ada sekitar lebih dari 5 jenis, di antaranya ruthob, mabrum, sofri, helwi, safawi, ajwah, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan kurma Mesir, kurma Tunisia yang juga populer dan banyak disuka. Mengenai harga, kurma-kurma itu ditawarkan dari harga yang murah sekitar 16 ribu rupiah per kilo hingga 250 ribu perkilonya untuk kurma ruthob.
Buah-buahan ini makin laris saat musim haji dan bulan puasa, pembelinya pun bervariasi dari perseorangan hingga perusahaan besar. Baik dari sekitar Surabaya maupun dari luar kota.

Kurma Berkhasiat Obat
Di balik cita rasanya yang legit, buah kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalori terbilang cukup tinggi yang dihasilkan dari karbohidrat. Di antara sekian banyak jenis kurma, kurma jenis ajwah paling banyak dicari pembeli. Ada yang bilang kurma ini adalah kurma Nabi yang berkhasiat sebagai obat.
Kurma tersebut berwarna hitam pekat, bentuknya bulat dan rasanya begitu legit. Sebagai buah yang berkhasiat obat, kurma Ajwah dipercaya untuk menyuburkan kandungan, meningkatkan hemoglobin, meredakan demam, mengobati pilek, radang tenggorokan, radang pernafasan ataupun radang hati.
“Orang yang membeli kurma ajwah seringnya tidak untuk dikonsumsi sehari-hari, tetapi sebagai obat. Kadang juga, sebagai makanan pembuka saat puasa senin kamis. Karena berkhasiat Sebagai obat, kurma jenis ajwah, memiliki harga yang relatif cukup mahal, sekitar 250 ribuan perkilo” ungkap Yasir.

Macam Kurma & Penyimpanannya
Kalau diamati lebih detail, umumnya buah kurma memang mudah sekali dikenali. Berbentuk bulat lonjong nan mungil dengan diameter antara 1 – 3 cm, warnanya kuning hingga cokelat kemerahan, tekstur daging buahnya yang lembut, tebal dan berbiji, serta citarasanya yang legit. Dari sekian banyak jenis kurma, buah-buahan ini memiliki penampilan bentuk yang berbeda-beda.
Kurma Mesir dan kurma Tunisa yang popular dan banyak disuka, memiliki bentuk yang serupa, lonjong, kadar gula buahnya tidak lengket, dan untuk kurma Tunisia biasanya dijual dalam keadaan masih ada tangkainya. Sedangkan kurma California (Amerika), berukuran besar-besar dan rasanya cenderung legit. Jangan salah, ada juga lho kurma yang daging buahnya lonjong teksturnya agak keras, manis dan warna cokelat kemerahan, kurma ini jenisnya kurma mabrum.
Buah kurma memiliki kulit yang tipis sehingga memudahkan daging buahnya dimasuki ragi dari udara yang akan memfermentasi karbohidrat. Dengan kandungan kadar gula yang tinggi, maka buah kurma tidak perlu diawetkan lagi.
Sebagai pengusaha yang sudah berpengalaman dalam urusan kurma, Yasir menyarankan sebaiknya kurma disimpan dalam tempat yang sujuk, bersih, terhindar dari air dan bebas dari kutu kecuali kurma ruthob harus disimpan dalam lemari pendingin. Yang musti ingat musuh kurma adalah kutu. Serangga kecil ini bisa menembus daging kurma seperti rayap. Sehingga meninggalkan serbuk-serbuk putih saat kurma dibelah. Dengan begitu kualitas kurma sudah jelek.
Lantas bagaimana memilih kurma yang berkualitas? Yasir menjelaskan “Setiap orang memiliki lidah pengecap yang berbeda-beda untuk merasakan bagaimana jenis kurma yang enak atau tidak itu tergantung dari selera. Ada yang suka rasa kurmanya sangat manis sekali, ada juga yang tidak”, pungkasnya. (LeZAT)

17 komentar:

  1. Maaf...bisa ga kirim ke bekasi?
    Klau busa mnta nmr yg bisa di hubunggi.
    Makasih.

    BalasHapus
  2. Bisa kirim ke madiun apa gak bos.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ready kurma ajwa langsung di kirim langsung dari saudia arabia minat sms 081931614744

      Hapus
  3. Bisa dikirim keJember bos..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ready kurma ajwa langsung di kirim langsung dari saudia arabia minat sms 081931614744

      Hapus
  4. Apakah jual dodol kurma juga di toko ini?

    BalasHapus
  5. Apakah jual dodol kurma juga di toko ini?

    BalasHapus
  6. Apakah disini juga jual sari kurma?

    BalasHapus
  7. Klo kirim ke JKT berapa ongkirNya perKiLonya, cisa kasih tau duLu-??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ready kurma ajwa langsung di kirim langsung dari saudia arabia minat sms 081931614744

      Hapus
  8. Biji kurma KL 1
    Bibit kurma ajwa
    Bibit kurma degled nour
    Bibit kurma KL 1
    Bibit kurma red barhee
    Bibit kurma yello barhee
    Kurma jantan sudah berbunga
    Kurma betina sudah mulai berbuah dan jenis kurma lain nya
    Hub WA 085315907988/082364828345.
    Pin D0A8DC68

    BalasHapus
  9. Adakah kurma aida dates ga ya...cz lg butuh cepat

    BalasHapus
  10. Kepada Yth,
    Up : Bapak / Ibu
    Purchasing / Div.Import / Logistics Dept.

    Di Tempat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi / legal serta peminjaman Perusahaan / Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA kami bisa menangani impor barang-barang sabegai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pompa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :

    Jasa Customs clearance Laut & Udara

    Jasa Import Borongan Under Name ( All-In )

    Jasa Import Ex-work langsung

    Jasa Import Under Name

    Jasa Import Door To door service

    Jasa Domestics Darat, Laut Dan Udara

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



    Best Regards,

    Jasman

    Executive Import

    Mobile : 0812 8785 700/Wa

    Email : jasman.msa@gmail.com





    Head Office:

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA

    International Freight Forwading

    Gedung Pembina Graha

    Jl. D.I Panjaitan No.45 Rawa Bunga Jatinegara – Jakarta Timur 13350

    Telp : 021-8591 7799

    Fax : 021-8591 7799

    BalasHapus
  11. Golden valley brp
    Tolong saya diberi harga2 kurma lain seperti Tunis dll,terima kasih

    BalasHapus